Categories
Produk Pilihan

Base Layer Motor dan Cara Mencegah Kerusakannya

Sudah tahu pentingnya penggunaan base layer saat berkendara sepeda motor? Terutama untuk berkendara dalam waktu lama dan dengan jarak tempuh yang jauh, berkendara menggunakan base layer sangat dianjurkan demi keamanan dan kenyamanan pengendara. Base layer yang merupakan baju dalam pas badan yang dikenakan sebelum memakai jaket motor akan membuat pengendara bisa berkendara dengan lebih nyaman.  

Kalau sering nonton balap motor, pasti tahu kalau para pembalap selalu memakai baju yang desainnya body fit dan kebanyakan berwarna gelap sebelum mereka memakai wearpack untuk balapan. Tapi base layer juga bisa dikenakan oleh pengendara motor biasa, bukan hanya pembalap. Apalagi untuk mereka yang bekerja menggunakan motor seharian, base layer akan membuat bekerja jadi lebih nyaman.  

Jenis Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Base Layer Motor 

Base layer yang baik seharusnya terbuat dari gabungan bahan polyester 95% dan spandex 5%. Bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik dan menguapkan keringat. Jadi berbeda dengan kaos biasa yang berupa katun, bahan ini hanya bisa menyerap keringat dan mengendapkannya di kain tanpa menghilangkannya. Jadi baju katun akan terasa lepek. Sementara base layer aan mengering. 

Selain itu, bahan base layer mampu menyerap suhu di sekitar, sehingga di saat cuaca sedang dingin, base layer akan membuat tubuh tetap hangat. Unik, kan? Baju ini bisa membuat adem sekaligus tetap hangat, tergantung dengan apa yang dibutuhkan oleh pengendara. Selain itu base layer yang pas badan dan terbuat dari bahan yang elastis akan membuat pengendara sepeda motor bisa bergerak dengan lebih leluasa dan lebih nyaman. 

Tapi seperti jenis pakaian lainnya, base layer juga bisa rusak. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah robek dan berlubang. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal. Entah karena masa pakainya yang sudah terlalu lama, tersangkut resleting jaket, tersangkut resleting celana, atau tersangkut benda tajam lainnya saat sudah melepas jaket atau saat disimpan dengan kurang berhati-hati.  

Cara Mencegah Terjadinya Kerusakan pada Base Layer Motor 

Base layer untuk mengendarai sepeda motor jenisnya ada beragam, yaitu pakaian bagian atas menyerupai kaos lengan panjang, celana panjang, celana pendek, dan masker penutup kepala, hidung, mulut, dan leher. Semuanya pas badan dan elastis. Jika digunakan secara lengkap, modelnya akan seperti baju selam. Tapi pengendara bisa juga memakai bagian atasnya saja. Ada juga yang memakai maskernya saja untuk menghindari helm bau terkena keringat. 

Semua bagian base layer ini bisa rusak jika tidak dijaga dengan baik. Akibatnya base layer jadi tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Agar tahan lama, ini dia beberapa tips cara merawat base layer: 

1. Cuci dengan tangan agar aman dari tarikan dan putaran mesin cuci, sehingga base layer tidak mudah robek. 

2. setelah dikeringkan dengan mesin cuci, gantung dan keringkan di bawah sinar matahari. Jika matahari terlalu terik, jangan jemur terlalu lama secara langsung, pindahkan ke tempat yang cukup terlindung. 

3. Simpan dengan baik di tempat dengan suhu ruangan.  

4. Jangan diletakkan sembarangan, baik sebelum atau sesudah dicuci. Jangan asal dilempar saja karena bisa tersangkut paku atau benda tajam lainnya. 

Mau base layer milikmu tahan lama dan bisa tetap berfungsi optimal? Jangan lupa rajin merawat dan menanganinya dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *