Categories
Produk Pilihan

Kaos Motor dan Cara Mencegah Kerusakannya

Saat berkendara biasanya pengendara sepeda motor memilih kaos untuk dikenakan di dalam jaket motor. Karena jaket motor pada umumnya berbahan tebal agar bisa melindungi tubuh dari terpaan angin dengan baik, maka untuk pakaian di dalam jaket dipilih pakaian yang bahannya adem dan mudah menyerap keringat. Sehingga saat berkendara bisa tetap adem dan nyaman. 

Untuk berkendara sehari-hari, bisa memakai kaos dengan model dan warna apa saja, sesuai dengan selera masing-masing. Tapi saat sedang touring atau sekedar berkumpul dengan teman-teman dari klub motor, biasanya pengendara motor akan memilih kaos berwarna gelap. Kaos yang dipakai untuk berkendara motor ini biasanya tidak digunakan untuk acara lainnya.  

Yuk, Kenali Kerusakan yang Sering Terjadi pada Kaos Motor 

Beberapa pecinta sepeda motor sangat memperhatikan penampilan mereka saat sedang berkendara, apalagi saat sedang bertemu dengan rekan klub motornya. Karena itu, tak jarang yang membeli kaos untuk bersepeda motor dengan harga yang cukup tinggi. Tapi jika tidak dirawat dengan baik, kaos yang harganya mahal pun bisa mudah rusak. Apa saja kerusakan yang biasa terjadi pada kaos yang digunakan untuk bersepeda motor? Yuk, simak beberapa contohnya di bawah ini: 

1. Warna Pudar 

Kebanyakan pengendara sepeda motor suka dengan warna kaos yang gelap untuk dikenakan saat berkumpul bersama teman sesama pecinta motor. Kaos warna hitam atau abu-abu bisa berubah menjadi pudar atau kusam, sehingga tampak lusuh meskipun baru dicuci. Ini bisa terjadi karena dipakai terlalu lama di bawah sinar matahari, cara mencuci yang salah, atau karena cara menjemur yang salah.  

2. Leher Melar 

Saat baru dibeli, leher kaos biasanya berbentuk bulat atau V sempurna. Tetapi setelah dicuci beberapa kali, leher kaos bisa melar. Jika sudah melar, tentu saja tidak terlihat bagus saat dipakai. Ini bisa dikarenakan teknik menjemur yang salah dengan hanger.  

3. Kaos Melar 

Selain bagian lehernya yang melar, bagian badan kaos juga bisa melar. Sehingga jika dipakai bentuknya jadi tidak beraturan.  

4. Ada Spot yang Memudar 

Pudarnya warna kaos bisa terjadi pada seluruh bagian kaos, tapi ada juga yang memudar warnanya hanya pada spot atau area tertentu. Tentu ini membuat kaos jadi tak sedap dipandang, apalagi kalau warnanya gelap. 

5. Robek 

Masalah yang juga sering terjadi pada kaos adalah robek. Penyebabnya bisa beragam. Mulai dari tersangkut resleting jaket motor, tersangkut benda tajam lainnya, atau tersangkut mesin cuci. 

Cara Mencegah Rusaknya Kaos Motor  

Agar kaos motormu bisa tahan lama, ikuti langkah-langkah berikut ini: 

1. Jangan Gunakan Kaos Terlalu Sering 

Kenakan kaos ini hanya untuk aktivitas naik motor bersama teman-teman pecinta motor saja. Jadi kaos bisa lebih tahan lama. 

2. Cuci dengan Tangan 

Jika tidak ada noda yang membandel, sebaiknya cuci kaos dengan tangan saja. Tidak perlu mengucek terlalu keras atau menyikat kaos. Ini bisa menyebabkan kaos jadi longgar dan timbul area yang pudar. 

3. Jangan Gunakan Hanger Saat Kaos Basah 

Saat hendak menjemur, sebaiknya tidak usah memakai hanger. Karena proses memasukkan hanger bisa membuat leher kaos melar.  

Kaos motor memang mudah mengalami kerusakan, apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Sebaiknya ikuti langkah-langkah di atas agar kaosmu bisa tahan lama dan terjaga kualitasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *