Categories
Produk Pilihan

Kacamata Motor & Kerusakan Motor Yang Sering Terjadi

Saat mengendarai sepeda motor, mau tidak mau pengendara harus menerjang angin. Saat bertiup, angin membawa berbagai partikel di dalamnya yang kebanyakan merupakan kotoran. Mulai dari debu, pasir, abu sisa pembakaran, serangga, dan berbagai partikel kecil lainnya. Sudah pasti berbagai partikel ini akan beradu langsung dengan tubuh kita. Jika tidak menggunakan pelindung seperti masker dan kacamata, berbagai kotoran ini akan langsung terkena kulit dan mata kita. Yuk gunakan kacamata motor terbaik untuk lengkapi liburan.

Tapi jangan kuatir, ada berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk melindungi mata saat sedang mengendarai sepeda motor. Kamu bisa memakai helm dengan pelindung depan atau cara lainnya adalah dengan menggunakan kacamata khusus bagi pengendara sepeda motor. Baik yang berwarna transparan maupun warna gelap, keduanya sangat baik untuk melindungi mata.  

Apa Saja Kerusakan yang Sering Terjadi pada Kacamata Motor? 

Setiap barang harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak dan lebih tahan lama. Sama halnya dengan kacamata. Jika tidak dirawat, tak terlepas kemungkinan kacamata akan rusak. Meskipun bisa juga kacamata rusak tanpa disengaja. Namun dengan merawatnya, setidaknya kita meminimalisir terjadinya kerusakan. Jenis kerusakan apa saja yang sering terjadi pada kacamata khusus sepeda motor? 

1. Kacamata Patah 

Entah pada bagian tangkai pengaitnya atau bagian tengah kacamata, kerusakan yang sering terjadi adalah bengkok hingga patah. Apalagi kalau jenis kacamata tersebut bukan goggle, melainkan yang tipis seperti kacamata pada umumnya. Kacamata jenis goggle jarang mengalami masalah ini karena biasanya bahannya lebih kuat dan tebal. 

2. Lensa Tergores 

Hal ini juga sangat sering terjadi. Biasanya karena penyimpanan yang kurang hati-hati, diletakkan sembarangan, cara membersihkan yang salah, atau beradu langsung dengan benda keras. Kalau lensa sudah terlanjur tergores, pasti pandangan saat menyetir malah jadi tidak nyaman. Jika goresan dirasa sudah sangat mengganggu, sebaiknya kacamata tersebut tidak digunakan lagi. Atau kalau bisa, ganti bagian lensanya saja. 

3. Lensa Pecah 

Kalau lensa sudah pecah, pasti sudah tidak bisa digunakan lagi. Harus mengganti kacamata dengan yang baru atau ganti lensanya. Penyebab lensa pecah sebenarnya sama saja dengan lensa tergores.  

4. Lapisan Lensa Terkelupas 

Pada beberapa jenis kacamata khusus sepeda motor terutama yang jenis goggle, terdapat lapisan anti fogging pada lensanya. Tetapi lapisan ini bisa hilang kalau dibersihkan dengan cara yang salah, misalnya dengan jari, lap, atau handuk. 

5. Lensa Berbercak dan Tidak Bisa Hilang 

Setelah membersihkan lensa dengan sabun, kadang muncul noda bekas sisa sabun yang tidak bisa dihilangkan. Noda ini malah mengganggu pandangan mata. 

Bagaimana Cara Menghindari Kerusakan pada Kacamata Motor? 

Untuk menghindari kerusakan, yuk ikuti beberapa tips di bawah ini: 

1. Simpan Kacamata dengan Baik 

Sering kali kita meletakkan kacamata begitu saja di sembarang tempat. Daripada kacamata terbentur, jatuh, atau kedudukan, lebih baik simpan di tempat khusus. Jadi kacamata akan terhindar dari bengkok, tergores, retak, bahkan pecah. 

2. Cuci dengan Air Dingin 

Kalau kacamata khusus motor milikmu kotor, sebaiknya tidak membersihkannya dengan lap apalagi jari. Langsung siram dengan air dingin tanpa menggunakan sabun. 

3. Keringkan dengan Alami 

Begitu juga saat mengeringkan, tidak perlu menggunakan lap atau handuk karena akan menimbulkan goresan. Biarkan kacamata mengering dengan sendirinya. 

Ternyata tidak sulit cara menghindari kerusakan pada kacamata motor, bukan? Ikuti tipsnya yuk agar kacamatamu tahan lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *