Categories
Produk Pilihan

Jaket Motor dan Cara Mencegah Kerusakannya

Masalah apa yang paling sering dihadapi oleh pengendara sepeda motor? Ada 3 masalah besar, yaitu polusi udara, angin kencang, dan teriknya sinar matahari. Untuk menghindari debu dan polusi udara dihirup langsung oleh hidung dan masuk ke dalam sistem pernapasan adalah dengan cara menggunakan masker. Sementara untuk menghindari terpaan angin kencang dan sinar matahari yang terik bisa mengenakan jaket khusus bagi pengendara motor. 

Jaket khusus pengendara sepeda motor ini berbeda dari jaket pada umumnya. Pada umumnya terdapat lapisan pelindung di beberapa bagian jaket, seperti di punggung bahu, dan siku. Jaket khusus motor juga biasanya lebih tebal dan bobotnya lebih berat. Tapi bukan berarti jaket ini tidak bisa rusak. Apa saja kerusakan yang sering terjadi pada jaket sepeda motor? 

Ini Dia Kerusakan yang Sering Terjadi pada Jaket Motor 

Meski tebal dan terbuat dari bahan yang kuat, jaket khusus pengendara sepeda motor juga bisa rusak. Ini dia beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada jaket motor: 

1. Lapisan Pelindung Rusak 

Lapisan pelindung yang terletak di beberapa bagian jaket bisa rusak. Jika sudah rusak, maka fungsinya jadi tidak optimal lagi. Tentu lapisan ini bisa dilepas, tapi jaket sepeda motor jadinya hanya terasa seperti jaket biasa yang tidak memiliki pelindung. 

2. Terkelupas 

Beberapa jaket khusus motor ada yang terbuat dari bahan kulit sintetis. Bahan ini rentan mengelupas, apalagi kalau bahan yang dipakai kualitasnya rendah. Penyebabnya bisa jadi karena cara mencuci yang tidak tepat, menjemur terlalu lama di bawah sinar matahari, atau karena termakan usia. 

3. Warna Pudar 

Terutama jika sering mengendarai sepeda motor di siang hari saat sinar matahari sedang sangat terik, lama-kelamaan warna jaket bisa memudar. Kebiasaan menjemur dan meninggalkan jaket di bawah sinar matahari langsung dalam waktu sangat lama juga bisa berakibatkan memudarkan warna jaket. 

4. Robek 

Bahan kain tidak terlepas dari kemungkinan robek jika tersangkut benda yang cukup tajam, sudah lama masa pakainya, atau saat jatuh dan bersentuhan langsung dengan aspal. 

Cara Mencegah Rusaknya Jaket Motor 

Agar lebih tahan lama, pemiliknya memang harus rajin merawat jaket. Bagaimana cara merawat jaketnya yang baik dan tepat? Ikuti beberapa tips di bawah ini: 

1. Cuci Saat Sudah Kotor 

Karena cenderung tebal dan berat bobotnya, banyak pengendara motor yang malas mencuci jaketnya hingga lama. Sebaiknya cuci jaket setelah 3-4 kali pemakaian. 

2. Perhatikan Instruksi Pencucian 

Di bagian dalam jaket biasanya terjahit instruksi pencucian. Ikuti cara ini agar tidak salah langkah dan malah merusak jaket. 

3. Lepas Lapisan Pelindung 

Sebelum mulai mencuci, lepas dulu semua lapisan pelindung agar tidak merusak jaket saat dicuci. 

4. Cuci dengan Tangan 

Sangat disarankan untuk mencuci jaket dengan tangan agar lebih tahan lama. Meskipun jika terpaksa tidak masalah mencuci dengan mesin cuci. 

5. Jemur dengan Tepat 

Setelah dikeringkan dengan mesin, gantung jaket dengan bantuan hanger baju. Lalu jemur di bawah sinar matahari. Jika matahari terlalu terik, jemur sebentar saja agar tidak memudarkan warna jaket. 

6. Gantung Jaket 

Setelah kering, simpan jaket dengan cara menggantungnya dengan hanger baju dan simpan di suhu ruangan. Usahakan untuk tidak melipat jaket. 

Tidak sulit bukan cara merawat jaket agar lebih tahan lama. Hindari kerusakan jaket dengan mengikuti tips di atas, yuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *