Categories
Produk Pilihan

Masker Motor dan Cara Mengatasi Kerusakan Umum

Kalau setiap hari harus naik sepeda motor dalam jarak jauh, pastinya harus bisa membuat suasana berkendara yang senyaman mungkin. Apalagi kalau jalur yang dilalui rawan kemacetan. Tentu saja polusi udara yang diakibatkan berbagai kendaraan di sekeliling, mobil, motor, bus, dan lain-lain, semakin parah saja. Terkadang asap dan debu ini juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Mau bagaimana lagi? Jalanan ini harus dilalui. Karena itu wajib berkendara dengan peralatan pendukung yang lengkap. Yuk gunakan masker motor terbaik untuk lindungi kamu saat berkendara.

Salah satu yang wajib digunakan saat ini adalah masker. Meski tampak sepele, melalaikan penggunaan masker bisa berbahaya bagi kesehatan, loh. Kulit wajah akan terpapar langsung dengan sinar matahari, polusi, debu, dan kotoran akan langsung dihisap dan masuk ke dalam sistem pernapasan. Hindari bahaya sinar matahari dan polusi dengan menggunakan masker. Kamu bisa memilih masker khusus untuk pengendara motor atau masker kain.

Ini Dia Kerusakan yang Biasa Terjadi pada Masker Motor

Jika digunakan secara berulang-ulang, tentu saja masker berpotensi rusak. Apa saja sih kerusakan yang sering terjadi pada masker motor?

1. Lapisan Karbon Rusak

Masker khusus bagi pengendara sepeda motor saat ini ada yang bahannya terbuat dari kain kasa atau filter karbon. Ini adalah bahan yang serupa dengan bahan pembuatan filter udara mobil. Jadi daya seringnya dijamin sangat kuat, karena pori-porinya sangat kecil. Biasanya di dalamnya ada kandungan karbon yang berfungsi menyaring debu dan kotoran agar tidak terhirup masuk ke hidung dan sistem pernapasan. Lapisan karbon ini bisa bertahan hingga 6 bulan pemakaian jika dirawat dengan baik. Tapi jika tidak dirawat, maka lapisan di dalamnya bisa rusak dan fungsi masker jadi tidak optimal lagi.

2. Robek

Baik itu masker khusus motor ataupun masker kain, keduanya berpotensi robek. Penyebabnya bisa beragam. Entah karena sudah terlalu lama dipakai, dicuci terlalu keras, atau tersangkut benda yang cukup tajam. Masker yang pada umumnya terbuat dari kain atau bahan lainnya yang rentan robek memang akan sangat mudah rusak kalau sampai tersangkut.

3. Pengait Longgar atau Putus

Masker ada yang memiliki pengait telinga, ada yang pula yang dikaitkan ke belakang kepala. Bagian pengait masker ini juga bisa mengalami kerusakan. Bisa karena pemakaian yang terlalu lama atau tersangkut saat dicuci atau dibawa-bawa. Sebaiknya langsung ganti masker jika pengaitnya sudah rusak. Jika ingin masker yang praktis tanpa pengait, bisa juga pilih masker full face yang bentuknya seperti topeng ninja.

Cara Merawat Masker Motor Agar Tidak Mudah Rusak

Ya, setiap perangkat sepeda motor juga harus dirawat agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Cara merawat masker berbeda-beda tergantung bahannya. Ini dia beberapa cara merawat masker motor:

1. Masker dari Kain Kasa atau Filter Karbon

Masker khusus pengendara sepeda motor yang terbuat dari kain kasa atau filter karbon membutuhkan penanganan yang berbeda dari masker kain biasa. Bahan ini sangat tidak dianjurkan untuk dicuci. Di dalam bahan tersebut ada lapisan karbon yang fungsinya untuk menyaring udara. Jadi jika masker kotor, sebaiknya diangin-anginkan saja dengan cara dijemur atau dengan bantuan kipas angin dan pengering rambut.

2. Masker Kain

Sebaiknya langsung cuci masker kain setelah dipakai dengan air panas dan deterjen untuk membunuh kuman. Lalu keringkan dengan mesin pengering dan dijemur.

Rawat masker motormu dengan tepat agar tahan lama dan fungsinya bisa berjalan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *