Categories
Produk Pilihan

Spion Motor & Kerusakan yang Perlu Kamu Hindari

Menjaga keutuhan spion motor merupakan perawatan yang wajib kamu perhatikan. Spion sangat kamu butuhkan untuk menghindari bencana atau kemungkinan terburuk saat sedang berkendara. Sama pentingnya dengan komponen penting motor lainnya, kamu juga harus memperhatikan kondisi spion motor. Spion sangat dibutuhkan untuk memantau pengendara lain dibelakangmu, atau antisipasi pada situasi apapun. Tidak memiliki spion dalam kondisi baik ibarat kamu buta saat berkendara. Berikut beberapa faktor kerusakan pada spion yang wajib kamu hindari.

1. Baut dan Mur yang Longgar.

Baut dan mur yang longgar pada bagian spion akan membuat spion berputar sesukanya. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu kegiatan berkendara. Spion harus dalam keadaan serat, namun tidak terlalu serat karena kamu juga harus menyesuaikannya sekali-kali. Ketika baut dan mur longgar, segera ganti untuk spion yang stabil kembali. Kamu juga bisa kena denda jika ada rahasia dan spion kamu tidak berfungsi dengan baik.

2. Tabrakan atau Gesekan Saat sedang Parkir Motor.

Tabrakan pada posisi tertentu bisa menyebabkan spion bengkok bahkan pecah. Selain tabrakan dengan pengendara lain, ceroboh saat parkir juga bisa membuat spion rusak. Entah itu spion motor kamu atau bisa jadi spion pengendara lain. Oleh karena itu, waspada dan fokus saat berkendara amatlah penting. Masih untung jika spion saja yang rusak, kemungkinan buruk bisa terjadi jika kamu menyepelekan keamanan berkendara, salah satunya dengan mengabaikan kaca spion.

3. Jangan Hanya Pasang Spion pada Satu Sisi.

Tiba-tiba salah satu kaca spion kamu rusak, akhirnya kamu memutuskan hanya menggunakan satu spion saja. Tindakan ini juga melanggar hukum peraturan lalu lintas. Memang merepotkan tapi ada baiknya tidak berkendara dengan sepeda motor satu spion saja. Mungkin bisa asal jangan ke jalan besar, segera beli spion baru atau perbaiki spion jika kerusakannya tidak parah. Berkendara dengan satu spion juga sangat berbahaya. Sisi kanan maupun kiri memiliki titik penting untuk diperhatikan pengendara. Satu spion saja hilang, sama saja kamu seperti kehilangan penglihatan saat berkendara.

4. Ganti dengan Aksesoris Spion Original.

Ketika spion motor kamu rusak, usahakan ganti dengan suku cadang asli motor. Ada banyak jenis spion merk universal yang bisa kamu temukan di pasaran. Beberapa cukup menggoda karena desainnya yang eksentrik dan pilihan warna mencolok yang beragam. Namun, jika kamu memikirkan sepeda motormu sebagai investasi, menjaga orisinalitas motor amatlah penting. Menggunakan spion yang tidak asli lagi akan menurunkan harga jual motor. Karena motor kamu akan setara dengan motor bongkar pasang. Kamu bisa beli spion asli di toko suku cadang besar atau service bengkel resmi merk motor kamu.

5. Pemasangan Spion yang Kurang Tepat.

Masalah pada spion yang paling sering terjadi adalah posisi spion yang tidak stabil. Hanya dengan getaran sedikit saja langsung bergerak dan harus diatur kembali. Hal ini bisa merusak konsentrasi mengendarai. Selain baut dan mur yang longgar, ada kemungkinan kamu tidak memasang dengan sempurna. Pastikan ujung bawah spion masuk dalam lubang yang ada dalam motor, kemudian putar hingga serat normal, namun masih bisa digerakan. Tidak memasang spion dengan benar juga bisa membuat spion mudah jatuh dan semakin rusak.

Itu tadi berbagai penyebab kerusakan atau masalah pada spion. Merawat spion sebetulnya termasuk paling mudah. Identifikasi kerusakannya juga mudah untuk segera diatasi. Namun jangan disepelekan, segera perbaiki spion motor ketika terjadi masalah atau kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *