Categories
Produk Pilihan

Kunci Pengaman Motor & Cara Memperbaiki kerusakannya

Kunci pengaman motor merupakan salah satu fitur yang esensial pada kendaraan kamu. Setiap motor produksi terbaru pasti memiliki sistem keamanan pada sistem kunci atau shutter lock. Memaksimalkan keamanan otomatis pada motor dimanapun kamu memarkir motor. Namun, fitur keamanan kunci motor kadang-kadang juga bisa bermasalah bahkan rusak. Meski tidak terlalu berpengaruh pada fungsi kendaraan, keamanan kendaraan jadi tidak terjamin lagi. Berikut penjelasan macam-macam skenario kerusakan dan solusi ketika kunci pengaman motor magnet kamu rusak.

1. Cara Kerja Magnet pada Sistem Shutter Lock.

Kamu pasti sudah tahu cara menggunakan shutter lock, namun apa kamu tahu sistematis kerjanya? Pada kunci shutter lock, ada bagian khusus dengan mata magnet. Ketiganya memiliki kutub dan kode otentik untuk bisa membuka sistem kunci motor kamu. Bagian inilah yang paling penting untuk memaksimalkan fungsi kunci pengaman motor magnet.

2. Mata Magnet yang Hilang.

Mata magnet berbentuk bulat pada mata kunci kamu dipasang pada anak kunci dengan lubang pasang dalam cekungan kunci. Karena merupakan dua material yang berbeda dan dipasangkan, maka mata magnet juga bisa lepas dalam situasi tertentu. Misalnya jatuh dari ketinggian atau terbanting terlalu kencang. Sehingga membuat mata magnet lepas dari kunci. Ketika sudah terlepas, sistem shutter lock tidak akan bisa digunakan.

3. Mata Magnet yang Mengalami Keausan.

Ketika motor sudah memiliki usia yang cukup lama, otomatis magnet pada bagian kunci juga mulai berusia. Magnet mampu bekerja dengan baik jika memiliki permukaan yang rata. Jika mengalami lecet dan aus, magnet secara berkala akan jadi tumpul dan cenderung bulat. Dalam kondisi seperti ini, kunci jadi tidak bisa digunakan lagi sistem pengamanannya. Untungnya, resiko kerusakan satu ini jarang terjadi karena usia kunci juga lama. Hanya jika terjadi gesekan tidak terduga yang sangat minim terjadi, baru kunci bisa mengalami kerusakan demikian.

4. Mendapatkan Kunci Baru di Dealer Resmi.

Ketika magnet kunci rusak, sama halnya kunci tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Jika kamu membeli motor dalam kondisi baru, kamu pasti mendapat kunci cadangan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, jika kamu beli motor bekas atau kunci cadangan hilang, maka kamu perlu ganti kunci. Kamu bisa coba kunjungi dealer resmi motor untuk mendapatkan kunci baru atau solusi lain untuk mengatasi kunci motor yang rusak. Meminta tolong pada dealer resmi mungkin akan memakan waktu beberapa hari sampai kamu bisa mendapatkan kunci baru.

5. Service ke Ahli Kunci.

Selain mendapatkan kunci ke dealer baru, kamu juga bisa pergi ke tukang kunci. Sekarang sudah ada tukang kunci yang mampu mengatasi kerusakan pada kunci motor dengan sistem shutter lock. Tukang kunci nantinya akan memasang kombinasi U dan S baru pada anak kunci motor. Proses membetulkan kunci juga seharusnya tidak memakan waktu lama. Alternatif ini sering kali dipilih untuk kebutuhan mendesak. Setelah metode itu dilakukan, maka kunci sudah bisa dipakai lagi. Namun, mungkin masih cukup susah mencari tukang kunci dengan keahlian satu ini.

Itu tadi penjelasan seputar kerusakan kunci pengaman motor shutter lock dan beberapa solusi mudah yang bisa kamu ambil. Penjelasan tersebut spesifik untuk sistem keamanan kunci, jika mengalami kerusakan pada anak kunci, solusi bisa lebih mudah. Kerusakan pada sistem shutter lock motor seharusnya bisa menjadi resiko yang sangat rendah kemungkinan terjadinya. Tetap jaga kunci baik-baik dan gunakan motor dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *