Categories
Produk Pilihan

Braket Motor Terbaik & Kerusakan Yang Sering Dialami

Komponen yang digunakan pada motor baik itu komponen tambahan maupun komponen bawaan haruslah yang berkualitas terbaik agar tetap nyaman untuk digunakan. Komponen yang berkualitas juga akan membuat komponen lain tetap awet tanpa perlu khawatir akan terjadi kerusakan dalam jangka pendek. Pembelian komponen motor juga harus diperhatikan terutama untuk komponen yang digunakan dengan menyangga beban berat, seperti braket motor. Braket adalah salah satu komponen tambahan yang berfungsi sebagai penyangga box agar mampu menahan beban saat digunakan untuk menyimpan barang-barang.  Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa braket yang kamu pilih untuk motormu adalah braket yang terbaik dan terbuat dari bahan yang berkualitas.

Braket memiliki banyak sekali jenis dan bahan pembuatannya. Kamu harus menyesuaikan dengan jumlah lubang baut pada bagian jok. Lubang baut mayoritas ada yang berjumlah dua dan ada juga yang berjumlah empat. Lubang tersebut harus sesuai dengan jumlah yang ada di motormu agar kamu bisa membawa barang dengan nyaman. Membawa barang di bagian belakang menggunakan braket motor sebagai penyangganya harus memperhatikan keseimbangan handling pada saat motor berjalan. Cara untuk membuat handling seimbang adalah dengan memilih jenis braket yang memiliki jumlah lubang yang sesuai agar kamu bisa membawa barang dengan nyaman. Tidak hanya itu saja, demi kenyamanan kamu juga harus mengetahui apa saja kerusakan yang sering terjadi pada braket. Dengan begitu kamu bisa segera menemukan solusinya.

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Braket Motor

Kerusakan pada braket sering terjadi dikarenakan beberapa hal. Hal-hal tersebut terkadang tidak disadari sehingga ketika braket motor itu tiba-tiba tidak bisa digunakan baru kamu menyadarinya. Kamu harus mengetahui apa saja kerusakan yang sering terjadi pada braket agar ketika hal itu terjadi kamu bisa segera memperbaiki dan menggantinya dengan yang baru. Pada penjelasan berikut ini kamu bisa mengetahui apa saja kerusakan yang sering terjadi pada braket di motormu.

  • Patah

Braket patah adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi. Braket mengalami patah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kelebihan kapasitas penyimpanan atau bahkan kamu menggunakan braket yang tidak sesuai dengan ukuran box yang kamu gunakan. Jika kamu tidak ingin braket motormu mengalami kerusakan maka kamu harus mengurangi jumlah barang yang kamu simpan pada box dan mencari tahu jumlah kapasitas maksimal penyimpanan. Usahakan jangan melakukan penyimpanan hingga batas maksimal agar braket bisa tetap awet.

  • Mur Baut Longgar

Mur baut yang mengaitkan braket dengan jok dan box seiring dengan pemakaian biasanya akan mengalami longgar dan jika sudah begitu kamu harus melakukan penggantian braket karena rumah untuk mur baut tersebut tidak akan bisa mengikat dengan kuat lagi. Jika hal semacam ini dibiarkan maka box dan braket akan goyang saat digunakan berjalan dan membuat kemudi menjadi tidak stabil.

  • Berkarat

Braket bisa mengalami kerusakan berupa karat karena braket terkadang lalai untuk dibersihkan. Karat tersebut bisa timbul dari air hujan yang tidak segera dibersihkan sehingga mengikis cat yang akan membuatnya berkarat secara perlahan dan lama kelamaan braket akan mengalami keropos yang bisa membuatnya patah pada saat digunakan.

Kerusakan pada braket bisa dicegah dengan melakukan perawatan yang rutin dan membatasi kapasitas penyimpanan. Selain itu, kerusakan tersebut juga bisa diminimalisir dengan segera mencari sumber kerusakan agar tidak menyebar ke bagian yang lain. Selalu rawat braket pada motormu dengan baik agar kamu bisa menikmati fungsinya dengan nyaman dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *