Categories
Produk Pilihan

Velg Motor Sering Rusak? Coba Cek Pembahasan ini.

Velg motor menjadi bagian penting dalam menjalankan fungsi roda pada ban kendaraan motor. Velg motor berkembang selaras dengan penemuan sepeda pada zaman dulu (sejarah velg/sepeda). Velg menjadi rumah atau dudukan bagi ban motor untuk bisa terisi udara. Velg sangat penting bagi motor agar ban motor bisa dijalankan dengan baik. Lalu apa saja penyebab kerusakan yang sering terjadi pada velg? Kamu bisa simak ulasan berikut ini.

  1. Baut Pada Velg Goyang

Kerusakan yang sering terjadi pada velg yang pertama adalah baut pada velg yang goyang. Hal ini sering tidak diketahui oleh pemilik motor. Untuk mengetahui baut goyang atau tidak, kamu perlu memeriksanya. Meski terlihat sepele, kamu wajib memeriksa dengan teliti keadaan baut pada velg motormu.

Baut goyang bisa terjadi karena motor sering melewati jalanan yang berlubang. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu perlu memperhatikan dan menghindari keadaan jalan yang berlubang atau tidak. Hal ini penting untuk menjaga baut tetap kuat dan kamupun akan nyaman serta aman dalam berkendara.

  1. Terdapat Bagian yang Grepes

Material velg harus menjadi perhatian utama. Biasanya, velg yang berasal dari pabrikan memiliki kualitas yang jauh lebih bagus. Meski begitu, usia pemakaian yang rentan lama dapat pula menjadi penyebab mengapa velg perlu diganti.

Saat mengganti pun pastikan kamu membelinya dengan kualitas yang bagus dan hampir sama dengan kualitas pabrikan motor ya. Hal ini untuk menghindari velg yang kamu gunakan cepat rusak apalagi grepes. Biasanya, bahan atau material dengan bahan kualitas biasa akan jauh lebih cepat rusak lho. Untuk itu, pastikan sebelum membeli kamu benar-benar memperhatikan kualitasnya yah. Cek dengan benar toko yang akan kamu percayakan uangmu.

  1. Terjadi Keretakan

Tanpa kita ketahui mengendarai motor dengan jalan yang berlubang dapat mengakibatkan keretakan pada bagian velg. Hal ini karena goyangan yang kuat dari lubang jalan tersebut. Hal lain yang bisa menjadi sumber keretakan pada velg adalah hasil benturan dari suatu benda keras.

Untuk itu wajib bagi kamu saat berkendara atau memarkirkan motor untuk melihat kondisi sekitar. Kamu perlu menyadari bahwa untuk mendapatkan barang yang awet memerlukan usaha kamu dalam menggunakannya.

  1. Material yang Digunakan Mudah Pecah

Kerusakan yang sering terjadi selanjutnya adalah material yang digunakan pada velg mudah pecah atau memiliki kualitas biasa. Jika kamu gemar memberikan aksesoris atau memodifikasi motor, maka usahakan memodifikasinya dengan tetap memperhatikan keamanan diri dan kualitas pada velg.

Material yang mudah pecah bukan saja merugikan kamu dari segi financial, namun hal lain juga adalah keselamatanmu. Nah, untuk mengatasinya kamu harus melakukan adalah cermat saat membeli velg. Pastikan toko yang kamu kunjungi adalah yang terpercaya. Selain itu juga pastikan bahwa itu sesuai dengan standar kantongmu yah.

Dari ulasan di atas pasti kamu sudah tahu bukan apa saja penyebab kerusakan pada velg motormu? Jika sudah, maka kamu bisa mencari solusi cara untuk mengatasi penyebab kerusakan pada velg. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang memahami tentang motor atau agar lebih aman sebaiknya kamu membawanya ke bengkel kepercayaanmu. Dengan mengupayakan hal tersebut kamu telah berusaha untuk menjaga keselamatan dirimu, keluarga, teman dan orang tersayangmu. Semoga tanda-tanda kerusakan ini akan bermanfaat untuk kesehatan motor kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *