Categories
Produk Pilihan

Lampu Motor Baru & Kerusakan Yang Umum Terjadi

Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak alasan yang mendasari mengapa masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan motor, salah satunya adalah lebih cepat dan mudah untuk membalap. Yuk simak pembahasan lampu motor baru dan kerusakan yang umum terjadi.

Body motor yang langsing memungkinkan motor untuk menyalip kendaraan dan mampu menghindari kemacetan, menjadi alasan mengapa banyak orang memilihnya. Meski mudah menyalip dan menghindari kemacetan kamu wajib menjaga keamanan saat berkendara. Salah satu hal penting namun banyak dilupakan oleh pengendara motor adalah lampu motor.

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Lampu Motor

Meski komponen ini terlihat sepele, lampu motor terbukti menjadikan berkendara lebih aman apalagi saat malam hari atau hujan tiba. Buat kamu pengendara motor wajib tahu kerusakan yang sering terjadi pada lampu. Lalu, apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

  1. Kerusakan pada Aki atau ACCU Motor

Aki merupakan bagian yang penting bagi kehidupan motor. Lantaran aki merupakan bagian atau komponen motor yang berfungsi sebagai penyedia sistem kelistrikan pada motor dan sebagai media penyimpan arus pada kendaraan.

Bila aki motor rusak atau habis, maka akan berpengaruh pada keadaan lampu yang bisa mati bahkan jika dibiarkan dalam keadaan lama, maka akan membuat lampu menjadi rusak. Agar lampu tidak cepat rusak, kamu wajib selalu memperhatikan kondisi aki motor. Jika aki motor habis, maka segeralah untuk menggantinya. 

  1. Kualitas Bohlam Lampu

Selain kamu yang harus memperhatikan aki pada motor, kualitas pada bohlam lampu motor juga harus menjadi perhatian. Bohlam lampu yang asli atau original bawaan pabrik mungkin akan lebih tahan lama dan kualitas cahaya yang diberikan lebih terang. Otomatis lampu akan memiliki massa umur yang lebih panjang.

Hal ini juga berlaku untuk kamu jika mau mengganti bohlam lampu, maka usahakan memilih kualitas yang hampir sama dengan kualitas pabrikan. Jika kualitas bohlam lampu yang kamu pilih lebih rendah atau biasa saja, maka jangan terlalu berharap kondisi lampu akan berumur panjang. Meskipun harga yang harus dikeluarkan lebih banyak, namun hal itu akan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

  1. Kerusakan pada Dudukan atau Rumah Lampu yang sudah Goyang

Hal yang sering tidak diperhatikan pengendara motor untuk mencegah kerusakan pada lampu motor adalah pada rumah lampu. Rumah atau dudukan lampu menjadi bagian penting agar lampu tetap menyala. Goyangan pada lampu bisa diakibatkan karena motor yang dikendarai sering berada pada jalan yang tidak mulus atau karena gesekan suatu benda.

Untuk itu, penting untuk selalu mengecek kondisi motor sebelum berkendara. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan keadaan motor agar tetap dalam kondisi yang baik. Bila terjadi goyangan atau dudukan rumah lampu sudah jelek maka kamu harus segera menggantinya agar lampu tidak cepat rusak dan tidak mati.

  1. Usia Pemakaian

Kerusakan yang sering terjadi pada lampu motor berikutnya adalah usia pemakaian. Lama pemakaian sangat berpengaruh pada kualitas lampu. Bila usia pemakaian sudah cukup lama dan terjadi tanda-tanda bahwa lampu harus diganti, maka kamu harus segera membawa motor ke bengkel.

Meski demikian, ada baiknya kamu melakukan servis motor setiap satu bulan sekali untuk mengetahui keadaan motor termasuk lampu. Servis motor akan membantu kamu untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang perlu penanganan bagi motormu.

Beberapa informasi mengenai kerusakan yang sering terjadi pada lampu motor baru dan lama diatas semoga bermanfaat untuk kamu. Selalu check kondisi motor dan utamakan keselamatan yah. Selamat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *