Categories
Produk Pilihan

Aksesoris Motor & Gejala Kerusakan Yang Umum

Memiliki motor yang elegan tentu merupakan keinginan setiap pengendara motor. Motor dengan look yang keren dan berbeda dari motor-motor lainnya akan membuat pemiliknya merasa lebih percaya diri. Agar motor mereka tampak lebih elegan, beberapa pemilik motor bahkan menambahkan aksesoris lain yang bukan bawaan motor untuk proses modifikasi.

Ini membuktikan bahwa aksesoris memang menjadi penunjang penampilan saat berkendara. Namun, perlu diketahui bahwa dalam jangka waktu pemakaian yang panjang, aksesoris tersebut tentu perlu diganti karena mungkin sudah tak layak lagi. Lalu apa saja kerusakan yang sering terjadi? Cek di sini!

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Aksesoris Motor

Kerusakan pada aksesoris bisa saja terjadi karena faktor musim khususnya musim hujan. Selain itu, faktor lain seperti kecelakaan atau suhu yang ekstrim juga dapat menyebabkan kerusakan aksesoris. Lantas, kerusakan apa saja yang sering terjadi pada aksesoris motor kamu? Berikut adalah jawabannya:

  1. Kerusakan Pada Lampu Motor

Perlu diketahui, ada beberapa jenis lampu yang dipasang di motor, yaitu antara lain lampu depan, lampu sein, lampu stop (belakang) dan lampu speedometer. Lampu-lampu itu memiliki fungsinya sendiri-sendiri pada motor. Lampu motor biasanya dinyalakan di siang hari khususnya ketika perjalanan ke kota besar dengan tujuan meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Kerusakan pada lampu motor biasanya terjadi pada lampu depan yang mana disebabkan oleh putusnya lampu itu sendiri. Tentu, jika mengetahui hal tersebut, kamu harus menggantinya dengan lampu lainnya yang baru. Namun sebelumnya, kamu harus memastikan komponen lampu apa yang rusak. Karena terdapat beberapa komponen lampu motor, yang antara lain:

  • Kiprok

Kiprok berfungsi sebagai pengarah tegangan dari sepul lampu dan membatasi besarnya tegangan yang menuju aki motor dan sistem listrik yang ada pada motor. Kerusakan kiprok menyebabkan arus listrik yang menuju lampu menjadi berlebihan, sehingga lampu akan cepat panas dan putus. Kerusakan kiprok dapat dilihat dari bohlam lampu yang sering mati ketika motormu digas. Jika kiprok ini rusak, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

  • Rumah lampu

Rumah lampu yaitu dudukan yang ada pada lampu motor. Ketika komponen ini sudah dalam keadaan buruk atau goyang, kamu wajib menggantinya.

  • Spull

Spull adalah penerangan yang menyebabkan arus cahayanya bisa masuk menuju kiprok. Komponen ini bisa error, sehingga untuk mengatasinya kamu bisa menggulungya. Tapi, jika kamu tidak mau repot-repot kamu dapat menggantinya dengan yang baru.

  • Socket

Banyaknya kotoran yang menempel pada ujung socket menyebabkan socket lampu motormu tidak dapat menyala. Selain itu, tidak menyalanya socket juga dapat disebabkan oleh pemasangan yang tidak sempurna. Tentu, kamu harus memperhatikan dengan baik dan benar cara memasang socket.

  • Saklar

Sama seperti fungsi saklar pada umumnya, saklar pada motor juga berfungsi untuk mematikan atau menyalakan lampu. Ketika saklar memiliki banyak kotoran atau bahkan sampai berkarat, tentu dapat mengganggu dan menghambat arus listrik yang masuk ke dalam lampu. Untuk itu, kamu perlu melepas saklar dan membersihkan kotoran atau karat pada saklar dengan menggunakan amplas halus atau cairan anti karat.

  • Bohlam

Bohlam bawaan dari motor lebih tahan lama dan kualitas cahayanya juga terang. Berbeda dengan bohlam yang bukan bawaan motor, tetapi tentu masih dapat digunakan untuk penerangan pada motor.

  • Kerusakan Pada Sarung Jok Motor

Aksesoris motor kamuberikutnya yang sering rusak adalah sarung jok motor. Sarung jok motormu bisa rusak karena kamu salah dalam merawatnya, mungkin karena sering dicuci.

Perawatan sarung jok motor yang benar adalah dengan cara dilap menggunakan kain halus saja, sebab sarung jok motor ini memang didesain tidak terlalu halus agar kamu merasa nyaman ketika berkendara dan juga dapat memperkecil resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

  • Kerusakan Pada Handgrip Motor

Handgrip motor adalah bagian yang sangat sering bersentuhan dengan tangan kita, sehingga sudah bukan hal yang asing ketika handgrip bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada handgrip adalah handgrip terlalu longgar.

Hal itu terjadi karena handgrip sudah lama terpasang pada motormu dan sering kamu gunakan tentunya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti handgrip dengan handgrip yang baru agar aksesoris motor kamu tetap nyaman ketika kamu pakai.

Itulah kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada aksesoris motor kamu. Setelah kamu mengenali kerusakan-kerusakan yang sering terjadi, sebaiknya kamu lebih waspada lagi dalam menggunakan aksesoris pada motormu, kamu juga harus rutin mengecek fungsinya. Sehingga dapat dengan cepat mengetahui kerusakannya dan dapat menentukan tindakan apa yang harus kamu lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *