Categories
Produk Pilihan

Motor Listrik & Penyebab Kerusakan Yang Sering Terjadi

Polusi udara semakin hari tidak berkurang namun malah semakin parah. Salah satu penyebabnya adalah dari asap kendaraan bermotor. Untuk itu di era sekarang pada dunia otomotif mulai beralih ke mesin yang menggunakan tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan, contohnya motor listrik.

Ini Keuntungan Penggunaan Motor Listrik

  1. Efisiennya tinggi

Soal efisiensi, kendaraan ini bisa mencapai 90% atau kurang lebih 3 kali lipat jika dibandingkan dengan motor konvensional.

  1. Bebas polusi suara

Ya, faktor ini adalah salah satu kelebihan dari motor ini karena tidak mengeluarkan suara yang bising.

  1. Akselerasi spontan

Motor ini dapat memberikan torsi penuh secara langsung dan mampu bersaing dengan motor berbahan bakar minyak.

  1. Biaya operasional dan perawatan rendah

Dengan motor listrik, kamu tidak perlu lagi dipusingkan dengan keribetan harus ganti oli, service, ganti sparepart pun tidak perlu rutin dilakukan. Jadi bisa lebih hemat pengeluaran, kan?

Penyebab Kerusakan pada Motor Listrik

Ada kalanya motor yang ramah lingkungan ini juga bisa mengalami masalah. Antara lain:

  • Motor menjadi panas.
  • Motor mengeluarkan suara berdengung.
  • Motor mengalami konslet.

Gangguan tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa dari faktor luar atau dari faktor dalam motor. Untuk yang dari luar bisa karena faktor lingkungan. Faktor ini bisa karena pengaruh kelembaban ruangan, suhu, tidak ada ventilasi dan lainnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pastikan ventilasi sudah sesuai dengan standar. Pastikan juga pendingin motor bekerja dengan baik. Pendingin ini dapat berupa kipas, injection cooling dan lainnya.

Kerusakan juga bisa karena faktor kualitas sumber listrik. Untuk faktor ini bisa terjadi karena tegangan listrik yang tidak stabil alias naik turun. Sedangkan faktor yang dari dalam bisa karena usia pakai yang sudah lama, panas yang berlebihan dan lainnya. Penyebab kerusakan bisa juga karena faktor kerusakan mekanis yang dikarenakan kurangnya pelumasan, vibrasi yang tidak seimbang atau berlebihan. Jika mulai bermasalah karena faktor ini biasanya motor akan memberi tanda dengan mengeluarkan bunyi yang mengganggu. Untuk mencegah kerusakan karena faktor mekanis ini salah satu caranya adalah dengan lebih memperhatikan perawatan.

Apa Penyebab Motor Ramah Lingkungan Korslet?

Salah satu masalah yang terjadi pada motor listrik adalah mengalami konslet. Dan yang menjadi penyebabnya bisa beragam, antara lain:

  1. Single phasing

Hal ini terjadi karena salah satu dari 3 line supply terputus. Akibatnya motor terus berusaha memutar beban sehingga menyebabkan korslet yang dapat menyebabkan motor terbakar.

  1. Terjadi unbalance pada tegangan
  2. Terjadi over current

Over current bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi dan hal ini terjadi karena motor menarik arus lebih besar dari kemampuannya. Solusi untuk mencegah masalah ini adalah dengan menggunakan piranti pengaman khusus.

Pilih Motor Listrik yang Berkualitas

Selain memperhatikan perawatan, supaya motor ebih minim mengalami kerusakan, bisa memilih yang berkualitas. Walaupun hal tersebut harus diimbangi dengan harga yang relatif lebih mahal. Motor yang berkualitas juga akan dilengkapi dengan bearing yang berkualitas pula. Hal ini perlu, sebab bearing bermanfaat sebagai penyangga komponen-komponen yang bergerak. Jika kualitasnya kurang baik membuatnya mudah aus, bisa menimbulkan panas dan akibatnya motor akan bermasalah. Motor yang berkualitas bodinya didesain anti air dengan sistem kelistrikan yang dapat menghindarkan motor bermasalah saat digunakan di musim hujan.

Sudah mulai tertarik beralih menggunakan motor listrik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *