Categories
Produk Pilihan

Asuransi Motor yang Perlu Kamu Pahami

Bisa dibilang asuransi sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern. Pada umumnya produk asuransi dibeli untuk memberikan perlindungan pada kesehatan, aset maupun diri sendiri atas risiko tidak terduga di kemudian hari. Walaupun sudah banyak yang merasakan manfaat asuransi namun terkadang ada yang belum memahami dengan benar apa itu pengertian asuransi. Asuransi berasal dari kata assurance yang mempunyai arti perlindungan atau jaminan. Jadi asuransi merupakan perikatan atau perjanjian antara penanggung dan tertanggung. Yuk simak pembahasan asuransi motor selengkapnya agar lebih paham.

Perhatikan Ini Sebelum Memakai Asuransi Motor

Buat yang belum pernah memakai asuransi kendaraan dan ingin mengasuransikan motor, ada beberapa hal yang bisa kamu ketahui. Antara lain:

  • Pilih perusahaan asuransi dengan reputasi baik

Pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi motor ini perlu diperhatikan dengan bijak dan hati-hati sehingga kamu dapat mengetahui bagus tidaknya produk asuransi yang ditawarkan. Namun tidak perlu dilihat dari mahal murahnya premi. Perusahaan asuransi yang membebankan premi dengan harga mahal belum tentu cocok, kok. Jadi tetap sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan kamu. Bisa memilih produk asuransi yang memberikan perlindungan terbaik namun tetap dengan harga terjangkau.

  • Pilih asuransi dengan klaim mudah

Perlu diketahui, setiap perusahaan asuransi mempunyai penawaran yang berbeda-beda. Pertimbangkan jenis klaim kerusakan yang ditawarkan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini untuk menghindari terjadinya salah paham saat kamu mengajukan klaim.

  • Perhatikan apa saja yang dijamin perusahaan asuransi

Untuk asuransi motor biasanya polis asuransi akan menjamin motor kamu saat mengalami kerugian karena kecelakaan, tergelincir, terperosok, terjadi benturan, kerusakan motor saat penyeberangan menggunakan kapal feri dan lainnya. Motor juga akan dijamin asuransi jika menjadi korban tindakan kriminal, contohnya perampokan, pencurian. Kerusakan motor karena tersambar petir, kebakaran juga akan dijamin.

  • Cermati cara pembayaran premi

Pilih pembayaran premi yang tidak memberatkan baik jumlah maupun kurun waktunya.

Ini yang Perlu Disiapkan Saat Klaim Asuransi Motor

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat motor mengalami kerusakan karena kecelakaan atau hilang adalah:

  • Membuat laporan pada pihak asuransi dengan segara. Sebab pada umumnya pihak asuransi akan menetapkan batas maksimal pelaporan 3 x 24 jam. Kamu bisa menghubungi pihak asuransi dengan mendatangi langsung atau bisa juga melalui SMS, email dan telepon. Jangan lupa setelahnya segera melapor ke pihak berwajib untuk membuat surat kehilangan atau kecurian. Hal ini sangat penting untuk memberi peneguhan bahwa motor kamu benar-benar hilang atau mengalami kecelakaan.
  • Untuk melengkapi laporan, sertakan juga bukti yang jelas yang berupa foto motor pasca kecelakaan. Sehingga pihak asuransi bisa mengetahui seberapa besar kerusakannya.
  • Berikan informasi yang jelas

Jelaskan kejadian yang sebenarnya, tidak berbelit-belit dan tidak dilebih-lebihkan.

  • Lengkapi dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim. Dokumen itu adalah:
  1. Formulir klaim
  2. Salinan polis asuransi
  3. Fotocopy SIM
  4. Fotocopy STNK
  5. Surat keterangan dari pihak kepolisian dan surat pemblokiran STNK (untuk kasus kecurian.

Setelah mengajukan klaim, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah:T

  • Tunggu penanganan dari pihak asuransi. Setelah ada klaim pihak asuransi akan melakukan survey, melihat kondisi motor dan lainnya.
  • Dapatkan SPK (Surat Perintah Kerja) dari perusahaan asuransi untuk melakukan perbaikan di bengkel rekanan.
  • Pastikan kamu tidak membawa motor ke bengkel sebelum mendapat persetujuan dari pihak asuransi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memakai atau mengajukan klaim asuransi. Segera asuransikan motor kamu dari sekarang, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *