Categories
Tips Perawatan

Ingin Motor Kawasaki W175 Tetap Menawan? Ini Rahasianya

Apakah kamu menggunakan motor hampir setiap hari untuk berpergian? Tentu saja hal ini akan membuat performa motor kamu menjadi berkurang akibat pemakaian. Nah, jika sudah seperti ini maka kamu harus rajin melakukan perawatan. Apalagi jika kamu memiliki motor klasik seperti Kawasaki W175, tentu akan sangat sayang jika  performanya menurun karena tidak terawat. Namun sekarang jangan khawatir, berikut ini beberapa rahasia agar motor kamu tetap memiliki performa yang handal. Apa saja tipsnya, dan bagaimana cara menerapkannya? Yuk simak bersama ulasan di bawah ini. Ingin motor Kawasaki kamu selalu awet gak susah kok.

1. Cucilah motor secara rutin

Jangan malas untuk mencuci motor, karena bisa menimbulkan kerusakan pada bagian tertentu. Karena endapan lumpur atau kotoran bisa menghasilkan karat pada kerangka motor loh. Apalagi jika motor terkena air hujan, maka segeralah mencucinya agar tidak terjadi reaksi antara logam (body motor) dengan kandungan zat asam dari air hujan. Selain menimbulkan karat yang dapat membuat besi menjadi berlubang, air hujan juga bisa membuat bagian motor menjadi berjamur. Maka dari itu, mencuci motor dengan shampo khusus bukan saja untuk mendapatkan tampilan yang ciamik namun juga berfungsi untuk merawat body motor.

2. Periksa kondisi ban

Jika ban motor kamu sudah mulai kehabisan angin, maka segeralah untuk mengisinya supaya tidak mudah bocor. Karena volume angina yang ada di dalam ban setiap hari akan berkurang sedikit demi sedikit, sehingga ketika dibiarkan saja ban akan kempes. Alhasil ketika kamu berkendara dan terkena paku atau bahkan batu, ban bisa saja dengan mudah bocor. Ban sendiri merupakan pelindung dari velg motor, jadi kamu harus merawatnya dengan baik agar bagian lainnya tidak bermasalah. Selain itu juga berkaitan dengan rasa nyaman serta aman dalam berkendara. Pernahkah kamu merasa tidak nyaman ketika berkendara dengan ban yang kempes? Bahkan merasa oleng dan tidak seimbang? Oleh sebab itu, selalu periksa kondisi ban motor kamu ya.

3. Lakukan ganti oli secara rutin

Oli merupakan pelumas mesin sehingga kinerjanya akan semakin baik atau bahkan lebih sempurna. Oleh sebab itu, kamu harus rajin melakukan ganti oli. Minimal 1 bulan sekali ketika kamu sering mengendarai motor untuk perjalanan yang jauh. Atau jika usia motor kamu sudah tua dan terjadi kerenggangan pada komponen mesin. Namun jika motor tidak sering digunakan, sebaiknya gantilah oli 2 bulan sekali.

4. Panasi mesin motor setiap hari

Meskipun sepele, ternyata akan membuat mesin motor menjadi lebih awet dan tarikan gas lebih enteng loh. Cobalah untuk memanasi mesin motor setiap pagi, agar oli mesin bisa naik dan melumasi setiap komponen yang ada. Tidak perlu waktu lama untuk motor jaman sekarang, yakni sekitar 2 menit hingga 3 menit saja.

5. Lakukan service secara rutin

Seperti manusia, motor juga butuh pemeriksaan serta perawatan jika memang komponen dalam mengalami masalah. Bawalah motor ke bengkel terdekat dan terpercaya setiap 2 bulan sekali agar performa mesin tetap mantap serta tarikan gas dapat melaju kencang.

Bagaimana, mudah bukan cara perawatan motor agar performanya tetap mantap dan juga keren? Rajinlah melakukan tips perawatan tersebut agar motor kesayanganmu tetap terjaga. Karena mesin memiliki batas pemakaian sehingga perlu perawatan. Sangat disayangkan jika motor kesayanganmu menjadi mudah rusak akibat tidak terawat. Ingin motor Kawasaki kamu selalu awet gak susah kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *