Categories
Tips Perawatan

Sejumlah Tanda Aki Kering Motor Soak Mulai Muncul

Pemakaian sepeda motor sebagai alat transportasi tentu saja tidak lepas dari keberadaan aki. Aki menjadi komponen yang memberikan suplai listrik ke berbagai bagian lain pada sepeda motor. Listrik dari aki ini akan disalurkan untuk menyalakan sepeda motor, membunyikan klakson, menyalakan lampu, dan sebagainya. Oleh karena itu, pada beberapa tahun belakangan kamu sudah bisa menemukan kehadiran aki kering motor sebagai salah satu jenis yang dapat ditemukan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan aki ini dengan praktis untuk memenuhi kebutuhan secara maksimal. Sejumlah tanda aki soak mulai muncul? Lakukan ini.

Penggunaan aki kering pada sepeda motor tidak menutup kemungkinan akan membuatnya mengalami soak. Hal yang satu ini menjadi salah satu fenomena biasa dan sudah terjadi di berbagai kalangan, baik pengguna sepeda motor bebek maupun matic. Nah, jika sepeda motor sudah mulai sulit distarter, lampunya tidak seterang biasanya, dan suara klakson sudah tidak senyaring pada umumnya, maka ketiga hal ini bisa menjadi tanda bahwa aki kering pada sepeda motormu mulai soak. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan jika sejumlah tanda tersebut muncul.

  1. Ketahui berapa lama aki tidak diganti

Salah satu hal paling dasar yang bisa kamu lakukan bila sejumlah tanda aki soak muncul ialah dengan mengingat sudah berapa lama komponen sepeda motor ini tidak diganti. Pergantian aki kering ini bisa dilakukan untuk menghindari kemungkinan soak atau bahkan rusak. Nah, biasanya pergantian ini terjadi tidak lebih dari 10 bulan. Jika kamu sudah lebih dari 10 bulan tidak menggantinya, maka bisa jadi aki kering pada sepeda motormu mengalami soak. Berbagai tanda di atas bisa muncul karena aki yang kamu gunakan butuh diganti.

  1. Cek ada atau tidaknya kerusakan pada komponen lain

Ternyata, sejumlah tanda aki soak seperti di atas bisa saja terjadi akibat adanya kerusakan pada komponen lain, lho. Jika sejumlah tanda di atas muncul, maka ingatlah berapa lama aki tidak diganti. Bila aki kering yang kamu gunakan masih baru atau dapat digunakan, maka bisa saja ada kerusakan yang terjadi di komponen lain. Jadi, kamu bisa mengecek penggunaan aki ini di sepeda motor lain terlebih dahulu.

  1. Cek indikator yang ada di aki

Jangan terburu-buru, bila sejumlah tanda aki soak seperti yang ada di atas muncul, kamu dapat mengecek indikatornya yang ada di aki. Hal yang satu ini bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah bagian yang satu ini masih bisa bekerja secara optimal atau tidak. Jika indikator terlihat berwarna merah, maka aki kering harus segera diganti sebab mengalami soak. Selebihnya, bila indikator menunjukkan warna biru, maka aki kering hanya harus di-charge. Warna biru ini juga menjadi petunjuk bahwa aki kering yang kamu gunakan kondisinya masih prima.

Berbagai hal yang ada di atas bisa kamu lakukan ketika sejumlah tanda aki kering motor mengalami soal sudah mulai tampak. Jangan langsung merasa panik, sebab kamu bisa mengecek beberapa hal seperti yang ada di atas. Jika kamu bisa menerapkan berbagai hal yang ada di atas secara cermat dan tepat, maka aki yang kamu gunakan pun bisa diketahui keadaannya, apakah sudah benar-benar soak atau hanya butuh di-charge. Selamat mencoba, semoga berhasil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *