Categories
Tips Perawatan

Cara Merawat Bodi Motor Vespa Kesayangan Kamu

Memiliki motor vespa yang keren tentu menjadi kebanggan tersendiri untukmu. Tetapi kamu juga harus bisa merawat bodi motor vespa agar tetap kinclong dan bagus. Motor vespa ini rentan akan kotoran yang menempel seperti debu dan membuatnya kusam jika tidak dibersihkan secara rutin. Apalagi jika usia dari motor vespamu sudah tua. Warna catnya juga akan berubah seperti kulit yang mati sehingga tidak terlihat cerah lagi. Untuk bisa mengatasi hal ini kamu perlu melakukan perawatan agar motor vespamu tetap cantik dan fresh. Ada beragam cara dasar yang bisa digunakan untuk merawat bodi motor vespamu ini. Bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke bengkel. Apa saja caranya? Simak tips merawat bodi motor vespa yang satu ini.  

1. Gunakan Compound 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk perawatan bodi motor vespa adalah dengan menggunakan Compound. Compound ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko otomotif atau bengkel yang menyediakannya. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan Compound ini pada bodi motor vespa tipis-tipis. Oleskan ke seluruh bodi vespa mulai dari kepala hingga ke bagian belakang. Kamu tidak perlu mengoleskan terlalu tebal karena khawatir tidak akan maksimal. Dengan olesan tipis-tipis saja kamu sudah cukup untuk bodi vespamu.  

2. Gunakan Kain Lap Bersih 

Jika Compound sudah dioleskan secara merata pada bodi motor, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan kain lap bersih. Kain ini akan digunakan untuk menggosok bodi vespa yang terdapat Compound. Mengapa harus kain yang bersih? Hal ini dilakukan agar tidak ada kotoran lain yang justru menempel pada bodi pada saat digosok. Setelahnya akan terlihat kotoran yang menempel beserta cat pada bodi vespa yang terkikis sehingga menyebabkan kusam.  

Menggosok bodi vespa ini dilakukan dengan hati-hati dan tidak perlu digosok terlalu kuat. Gosokan yang ringan saja sudah bisa mengangkat kotoran yang ada pada bodi motor vespa kesayanganmu.  

3. Gunakan Pengkilap Warna Khusus Kendaraan 

Setelah proses gosok menggosok bodi motor vespa selesai, ada baiknya jika kamu menggunakan pengkilap khusus untuk bodi kendaraan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan warna cat pada bodi vespa yang sudah dibersihkan. Ini merupakan langkah lanjutan agar warna bodi vespamu tetap mengkilap seperti baru. Pengkilap kendaraan ini terdiri dari 2 jenis yakni spray dan cream. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan keinginanmu. Pengkilap ini di jual bebas di pasaran sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.  

Kemudian gunakan pengkilap sesuai aturan yang ada pada labelnya agar warna bodi motor vespa kamu makin keluar.  

4. Mencuci Motor Dengan Rutin 

Selain 3 langkah di atas, kamu juga sebaiknya rutin mencuci motor vespamu. Apalagi jika sering melewati jalan yang berlumpur dan menggenang. Mencuci motor juga bisa dilakukan sendiri di rumah atau langsung di bawa ke tempat pencucian motor terdekat. Biayanya juga tidak semahal pencucian mobil. Jadi bisa menjadi pilihan untuk mencuci motor bagi kamu yang sibuk.  

4 langkah diatas merupakan cara mudah dan simpel untuk dilakukan sendiri di rumah. Tetapi jika kamu merasa tidak ada waktu untuk merawatnya, kamu bisa membawanya ke bengkel khusus motor vespa untuk dilakukan perawatan bodi. Kamu jadi bisa sekalian melakukan perawatan menyeluruh tidak hanya pada bodi motor saja. Tetapi juga pada bagian dalam motor yang sekiranya memang perlu untuk diservis. Karena memiliki kendaraan haruslah dirawat dengan baik. Semoga cara merawat bodi motor vespa ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *